home products awards outlet news faq login contact
MAM Promo
Hallo Bunda, Ajak si Kecil yuk untuk mengunjungi Booth MAM dalam event "Smart Kids Asia Fair 2017".
EVENT SMART KIDS FAIR 2017
 
Stop Menyusui Sambil Main HP! Radiasinya Bisa Memicu Kanker pada Bayi



Kehadiran gawai atau "gadget" telah membuat sebagian besar orang merasa tidak bisa terpisahkan dengan perangkat elektronik digital yang satu ini.

Sebagai Moms yang hidup dan membesarkan si Kecil di zaman sosial media, aktivitas menggunakan gawai pun menjadi suatu hal yang nampaknya nggak boleh absen digunakan. Aktivitas ini biasa disebut dengan brexting, kependekan dari breast texting.

Mungkin Moms bermain gawai saat sedang menyusui karena bosan dan ingin melakukan hal yang lain sambil menyusui.

Alih-alih ingin mengobati rasa bosan saat sedang menyusui, hal ini bisa jadi malah berdampak buruk pada si Kecil!

Berikut 6 dampak buruk dari bermain gawai saat sedang menyusui rangkum dari berbagai sumber!

1. Mengalihkan perhatian Moms pada si Kecil

Kebiasaan mengecek atau menggunakan gawai saat menyusui  akan membuat perhatian dan fokus Moms menjadi terganggu.

Karena itu kebiasaan brexting yang kian banyak dilakukan oleh kebanyakan Moms, menjadi perhatian bagi para dokter.

Banyak dokter yang memperingatkan bahwa kebiasaan brexting dapat mengganggu proses bonding antara Moms dan si kecil yang terjalin saat menyusui.

Karena bonding Moms dengan si Kecil selama masa awal kehidupan amat penting, sehingga bila keterikatan ini terinterupsi, maka si kecil kemungkinan akan mengalami masalah kecemasan di masa mendatang.

Tak hanya itu, jika fokus Moms sudah teralihkan, Moms bisa kehilangan petunjuk saat si Kecil sudah merasa kenyang, masih lapar, tidak nyaman, atau kesulitan mencerna.

2. Radiasi gadget memicu kanker pada si Kecil

Tubuh bayi yang masih kecil membuatnya rawan menyerap radiasi buruk yang keluar dari gawai, Mom.

Hal itu tentu sangat berbahaya karena bisa memengaruhi konstruksi genetik mereka, dan parahnya bisa membuat sel kanker bertumbuh di dalam tubuhnya yang mungil.

Tak hanya itu, radiasi dari gawai juga bisa menghambat proses tumbuh kembang otak bayi.

3. Bonding dengan si Kecil berkurang

Moms dan si Kecil butuh kontak mata yang intens untuk menjalin ikatan emosional yang lebih baik.

Saat bayi baru lahir, jarak pandangnya hanya mampu melihat dari dada hingga ke wajah Moms. Karenanya, dengan melihat wajah Moms, si Kecil bisa langsung mengenali orangtuanya.

Apabila penglihatan si Kecil yang belum sempurna terhalang oleh ponsel yang Moms pegang, tentunya momen bonding dan pengenalannya terhadap wajah Moms akan terhambat.

Stimulasi dilakukan kepada bayi dengan berbagai cara salah satunya dengan mengajaknya berbicara, menyentuh, atau mengajak senyum.

Hal-hal seperti itulah yang dapat meningkatkan ikatan antara Moms dan si Kecil atau bonding.

4. Menghambat aliran oksitosin

Dampak negatif lain yang ditimbukan Moms bermain gawai saat sedang menyusui si Kecil adalah dapat menghambat hormon oksitosin.

Hormon oksitosin diproduksi lebih cepat dari hormon prolaktin, bahkan hormon ini dapat bekerja sebelum bayi mulai mengisap.

Hormon oksitosin mampu membuat saluran ASI lebih lebar dan membuat ASI mengalir lebih mudah.

Tak hanya berfungsi saat menyusui, hormon oksitosin juga berperan dalam kontraksi rahim Moms pasca melahirkan yang sangat berguna untuk mengurangi perdarahan dan membantu mengembalikan kondisi rahim pasca melahirkan.

5. Menimbulkan masalah perilaku pada si Kecil

Perlu Moms ketahui, si Kecil itu sangat haus akan perhatian. Jika ia merasa diacuhkan karena Moms terlalu sibuk main gawai saat sedang menyusui, ia bisa mengamuk dan rewel.

Si Kecil lebih ingin diperlakukan denga penuh kasih sayang, misalnya ia ingin dipegang tangannya, disenandungkan nyanyian yang membuat ia tenang mendengarkan suara Moms.

Oleh karena itu, sebaiknya Moms letakkan ponsel dan nikmati momen istimewa bersama si Kecil. Dengan begitu, ia juga merasa dicintai dan lebih bahagia.

6. Merusak penglihatan si Kecil

Karena penglihatan si Kecil yang belum sempurna, jadi matanya sangat sensitif pada cahaya.

Kalau penglihatannya yang belum sempurna sudah melihat layar gawai yang sangat terang, tentu sangat berpengaruh pada perkembangan mata dan penglihatannya. Bahkan layar gawai yang sangat terang bisa membuat matanya rusak sejak dini.

Setelah mengetahui dampak buruk main gawai saat menyusui terhadap si Kecil, tentunya Moms akan mengurangi kebiasaan ini sekarang juga. Jadikan waktu menyusui sebagai momen bonding antara Mama dan si Kecil, sebelum dia bertambah besar dan tidak mau lagi Moms peluk.

 

sumber: popmama

« Prev

Next »

Contact Us Telepon : +62 21 5355874
  Email : customer-care@ams.co.id
  © 2010 Copyright oleh PT Antarmitra Sembada, Indonesia