home products awards outlet news faq login contact
MAM News & Tips
MAM Promo
Hallo Bunda, Ajak si Kecil yuk untuk mengunjungi Booth MAM dalam event "Smart Kids Asia Fair 2017".
EVENT SMART KIDS FAIR 2017
 
Bonding Tak Berjalan Mulus, Mungkin Ini Penyebabnya, Moms

 

Setelah Si Kecil lahir, Moms merasa bahagia dan takjub, mahluk kecil yang tadinya ada di perut Moms sekarang hadir di dunia. Moms ingin segera memeluknya dan menjadi "sahabat" baginya yang selalu ada untuknya. Masalahnya, tak semua Moms bisa dekat dan segera melakukan bonding/ ikatan segera setelah bayinya lahir. Ada saja hambatan yang menghalangi.

Menurut William Sears, MD dalam bukunya  The Baby Book, Revised Edition: Everything You Need to Know About Your Baby from Birth to Age Two (Sears Parenting Library - New York 2013), hambatan-hambatan tersebut adalah;

1.    Hambatan Psikologis

Faktor psikologis ini biasa disebut dengan baby blues. Gejalanya: suasana hati yang berubah-ubah (satu menit bahagia, menit berikutnya menangis), merasa cemas, gelisah, sulit konsentrasi, sulit tidur, dan menurunnya nafsu makan. Biasanya, gejala ini muncul di hari ke-3 atau ke-4 setelah bayi lahir dan dapat berlangsung beberapa hari. Baby blues dianggap normal dan biasanya akan hilang dalam waktu beberapa hari, sehingga tak perlu ditangani secara medis. Meskipun begitu, Moms tetap perlu dukungan emosional dari orang-orang terdekatnya dan konsultasi psikologis dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan kondisinya. Sebabnya, baby blues bisa berkembang menjadi postpartum depressiondengan gejala: merasa sedih, sering menangis, gelisah, mudah marah atau cemas, hilang minat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Moms juga merasa kurang energi/ motivasi/ kesenangan dalam hidup, sulit tidur, menurunnya nafsu makan, merasa tidak berharga, putus asa, merasa bersalah, berat badan menurun, dan lain-lain. 

Postpartum depression dapat dimulai kapan saja dalam tahun pertama setelah melahirkan. Karena gejalanya bisa bertahan lebih lama dan lebih parah, maka dibutuhkan pengobatan, selain dukungan dan konseling untuk membantu pemulihan. Selain itu, ada juga gejala yang lebih berat, tapi untungnya jarang terjadi, yaitu postpartum psychosis. Ini adalah penyakit yang sangat serius dan mencakup semua gejalapostpartum depression serta memiliki pikiran menyakiti diri sendiri, menyakiti bayi, dan tidak memiliki minat pada bayi. Postpartum psychosisjuga membutuhkan pengobatan dari psikiater.

2.    Hambatan Fisik

Contoh, Moms merasa sakit, kelelahan, dan lainnya. Tentunya hal ini harus diatasi. Bila Moms merasa lelah, cobalah minta pasangan untuk membantu tugas-tugas sehari-hari. Bisa juga meminta bantuan orang lain untuk membereskan tugas-tugas rumah tangga maupun tugas lainnya. Bila sakit, segera atasi penyakitnya dengan berobat ke dokter.

3.    Faktor Bayi

Misal, bayi sakit sehingga harus dirawat selama beberapa minggu sebelum diperbolehkan pulang. Bisa juga bayi yang langsung diambil dari ibunya setelah bayi lahir karena kepentingan prosedur medis. Bila ini terjadi, Moms harus berpikir positif sambil terus memantau kondisi bayinya. Jangan ragu meminta seseorang yang dapat dipercaya untuk mendengarkan curhat Moms. Setelah bayi keluar dari rumah sakit, segera lakukan bonding dengan bayi.

Secara umum, semua hambatan di atas tak dapat diatasi oleh Moms sendirian, tapi setidaknya Moms masih dapat melakukan upaya penanggulangan agar perbaikan lebih cepat terjadi. Caranya, jangan sungkan meminta bantuan profesional untuk mendapatkan saran, bimbingan, dan pengobatan yang tepat, entah psikolog, psikiater, dan lainnya. Selain itu, agar beban di pundak semakin ringan, cobalah terlibat dalam komunitas yang dapat memberikan dukungan sosial. Siapa tahu mereka juga dapat memberikan saran tentang gangguan yang dialami, baik Moms maupun bayi. Jujurlah pada diri sendiri, Moms memerlukan bantuan.

Terakhir, melakukan bonding atau menjaga kelekatan dengan si kecil tidak berarti secara terus-menerus Moms harus bersama bayi.Moms juga perlu waktu sendiri untuk menyenangkan diri sendiri. Lakukan hobi seperti biasanya seperti membaca buku, mendengarkan musik, meditasi, dan lainnya.

 

 

 

Sumber : nakita

« Prev

Next »

Contact Us Telepon : +62 21 5355874
  Email : customer-care@ams.co.id
  © 2010 Copyright oleh PT Antarmitra Sembada, Indonesia