home products awards outlet news faq login contact
MAM News & Tips
MAM Promo
Hallo Bunda, Ajak si Kecil yuk untuk mengunjungi Booth MAM dalam event "Smart Kids Asia Fair 2017".
EVENT SMART KIDS FAIR 2017
 
Mau tau Apa Hubungan Antara Pencernaan dan Cara Kerja Otak Anak?

Mam, ternyata sistem pencernaan memiliki hubungan dengan otak anak, lho. Beberapa penelitian bahkan menyebut pencernaan sebagai ‘otak kedua’ kita. Mau tau apa hubungan antara pencernaan dan cara kerja otak anak? Berikut ini beberapa hal yang perlu Mam ketahui.

 

  • Hubungan antara pencernaan dan otak disebut sebagai gut-brain axis.
  • Saluran cerna yang juga disebut ‘otak kedua’ dalam beberapa penelitian dapat berkomunikasi langsung dengan otak yang merupakan pusat segala fungsi tubuh.
  • Jay Pasricha, M.D., direktur John Hopkins of Center for Neurogastroenterology menyebutkan bahwa ‘otak kedua’ di saluran cerna ini tugas utamanya mengontrol sistem pencernaan. Mulai dari menelan makanan, melepas enzim dan mengontrol aliran darah yang membantu penyerapan nutrisi.
  • Saluran cerna dapat merespon langsung apa yang terjadi pada diri anak. Misalnya saat anak cemas atau panik ia bisa merasa sakit perut, ingin buang air, mual, atau ingin muntah.
  • Saluran cerna yang mendapat asupan nutrisi yang baik akan mengirimkan sinyal yang baik kepada otak pula, yang akan mempengaruhi kerja dan perkembangan otak anak.
  • Sebaliknya, jika otak anak sedang dalam kondisi yang tidak baik, maka otak akan mengirim sinyal ke saluran cerna dan dapat mempengaruhi komposisi bakteri di saluran cerna dan proses penyerapan gizi.
  • Penelitian menyebutkan bahwa infeksi pada saluran cerna yang terjadi di masa usia dini kemungkinan dapat mengganggu hubungan saluran cerna dan otak, atau yang disebut gut-brain axis tadi, dan dapat mengganggu perkembangan otak anak.
  • American Psychological Association menyebutkan bahwa bakteri dalam usus memproduksi zat yang digunakan otak untuk mengontrol daya ingat, kemampuan belajar, dan juga mood.
  • Di saluran cerna terdapat 70% sel imun kita, juga memproduksi serotonin dan melatonin yang lebih banyak dibanding yang terdapat di dalam otak. Keduanya berperan penting dalam membentuk mood dan pola tidur yang baik.
  • Jika kesehatan pencernaan anak tidak baik, maka tubuh akan kesulitan menyerap nutrisi yang dibutuhkan otak anak untuk tumbuh dan berfungsi dengan baik.

 

Untuk menjaga kesehatan saluran cerna yang berhubungan dengan otak anak, Mam perlu memastikan komposisi bakteri baik yang seimbang di dalam saluran cerna. Mulailah dengan memastikan pola makan si Kecil sehat dan ia mendapat asupan nutrisi yang seimbang. Si Kecil juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik. Makanan atau minuman yang mengandung probiotik misalnya yogurt, kefir, dan makanan fermentasi lainnya. Makanan yang mengandung prebiotik diantaranya adalah bawang bombay, bawang putih, asparagus, gandum, dan lainnya.

 

Yuk, Mam selalu jaga kesehatan pencernaan si Kecil untuk mendukung perkembangan dan cara kerja otak anak berjalan optimal dan ia menjadi anak pintar. Jika Mam ingin tahu aspek lain yang berhubungan dengan perkembangan otak anak, Mam bisa membaca berbagai artikel lainnya di situs Parenting Club.

 

Sumber:

www.parentingclub.co.id

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/the-brain-gut-connection

https://www.camskids.com/nutrition-2.htm

https://www.psycom.net/the-gut-brain-connection

« Prev

Next »

Contact Us Telepon : +62 21 5355874
  Email : customer-care@ams.co.id
  © 2010 Copyright oleh PT Antarmitra Sembada, Indonesia