home products awards outlet news faq login contact
MAM News & Tips
MAM Promo
Hallo Bunda, Ajak si Kecil yuk untuk mengunjungi Booth MAM dalam event "Smart Kids Asia Fair 2017".
EVENT SMART KIDS FAIR 2017
 
Tips Membuat Sikecil tenang Setelah Suntik Imunisasi

Jakarta - Bayi membutuhkan berbagai vaksin dan imunisasi yang biasanya diberikan dengan cara disuntik. Vaksin dan imunisasi ini sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah bayi terserang penyakit.

Beberapa bayi menangis kencang setelah disuntik imunisasi atau vaksin. Para Bunda pun tidak tega melihat bayinya menangis seperti itu. Apa ya yang bisa dilakukan?

Nah, dilansir Parents, berikut ini 5 tips menenangkan bayi setelah disuntik vaksin atau imunisasi:

 

1. Memeluk dan menyusui bayi

Penelitian telah menemukan strategi yang ampuh untuk meredakan bayi yang kesakitan setelah disuntik. Ketika disuntik, sebaiknya Bunda pangku si kecil. Kemudian, biarkan ia mengisap botol atau menyusu.

"Kenyamanan fisik, rasa manis, dan mengisap mengurangi rasa sakit pada anak-anak," kata Anna Taddio, PhD., profesor farmasi di University of Toronto.

Menyusu disebut dapat menenangkan, mengalihkan perhatian, dan menghibur bayi. Para ahli juga meyakini bahwa endorfin pada ASI juga dapat mengurangi rasa sakit pada bayi.

"Menyusui dapat memberikan lebih dari sekadar makanan. Menyusui memberi kenyamanan dan mengurangi rasa sakit," kata peneliti Denise Harrison, Ph.D, dikutip dari Daily Mail.

 

2. Minta anastesi topikal

Kalau si kecil sepertinya tidak akan tahan terhadap rasa sakit, tanyakan kepada dokter apakah bisa diberikan anastesi topikal. Anastesi yang dioleskan di kulit satu jam sebelum suntik berguna untuk mengurangi rasa sakit pada area tersebut, Bunda.

 

3. Berperilaku tenang ketika bayi diimunisasi

Ketika bayi akan disuntik, Bunda jangan ikut panik dan tegang ya. Kalau Bunda cemas, bayi bisa ikut cemas juga lho.

"Kalau Anda cemas, bayi mengerti itu dan mereka akan takut juga," kata Roy Benaroch, M.D., asisten profesor klinis pediatri di Emory University.

 

4. Pijat bayi

Beri pijatan lembut pada kaki atau tangan bayi setelah disuntik. Ini berguna untuk menghilangkan rasa sakit akibat jarum suntik dan vaksin yang masuk ke otot bayi.

 

5. Pantau gejala setelah vaksin

Setelah divaksin, umumnya bayi mengalami reaksi ringan. Misalnya, kemerahan di area yang disuntik, demam ringan, rewel, atau tidak mau makan.

Efek samping yang serius jarang terjadi pada bayi. Tapi, untuk berjaga-jaga, kalau bayi menangis selama 3 jam, demam tinggi, atau wajah bengkak, segera cari bantuan medis ya,Mom. 

 

Source: HaiBunda

« Prev

Next »

Contact Us Telepon : +62 21 5355874
  Email : customer-care@ams.co.id
  © 2010 Copyright oleh PT Antarmitra Sembada, Indonesia