home products awards outlet news faq login contact
MAM News & Tips
MAM Promo
Hallo Bunda, Ajak si Kecil yuk untuk mengunjungi Booth MAM dalam event "Smart Kids Asia Fair 2017".
EVENT SMART KIDS FAIR 2017
 
Ingat, Tak Kunjung Haid Usai Melahirkan Lumrah Dialami Ibu yang Menyusui

Setelah melahirkan, salah satu hal yang kerap ditanyakan oleh para ibu yakni kapan mereka akan kembali haid. Namun, patut diingat bahwa proses menyusui juga turut memengaruhi kapan ibu akan kembali mendapatkan haid pasca melahirkan.

Dikutip dari Todaysparent, jika ibu tidak menyusui, biasanya 10 sampai 20 minggu setelah melahirkan, ibu bisa kembali datang bulan. Namun, jika ibu menyusui, maka haid bisa saja tertunda. Hal ini dikarenakan saat ibu menyusui, akan diproduksi hormon prolaktin yang menghambat ovulasi.

Bahkan, pada beberapa wanita periode haid mereka bisa kembali setahun setelah melahirkan. Diungkapkan dr Ferdiansyah Putra Harahap, M.Ked(OG), SpOG dari RS Permata Depok, keadaan ibu yang belum juga haid setelah berbulan-bulan melahirkan dikenal dengan amenorrhea laktasi, yaitu terhentinya haid karena ibu menyusui.

"Hal ini diakibatkan oleh efek menyedot dari bayi, sehingga menyebabkan pelepasan Leutenizing Hormon dan Follicle stimulating hormone serta beta endorfin yang juga dihasilkan dari proses menyedot bayi yang juga menyebabkan penurunan kadar dopamine.

Ketika proses itu terjadi, maka akan terjadi anovulasi dan akhirnya menyebabkan amenorrhea atau tidak haid. dr Ferdiansyah menuturkan, umumnya pola haid akan kembali normal dengan sendirinya setelah ibu berhenti menyusui.

Dikutip dari Baby Center, patut diingat bahwa ketika ibu menyusui, wanita masih bisa berevolusi. Sehingga, tetap ada kemungkinan ibu hamil ketika menjadikan proses menyusui sebagai alat kontrasepsi atau disebut juga dengan lactational amenorrhea method (LAM). Keefektifan metode ini mencapai 98 persen namun tergantung pula pada seberapa sering dan seberapa lama bayi menyusu.

Untuk mencegah risiko kehamilan, selain menerapkan LAM ada baiknya Anda juga menggunakan kondom ketika bercinta.

Sumber : detik.health.com

« Prev

Next »

Contact Us Telepon : +62 21 5355874
  Email : customer-care@ams.co.id
  © 2010 Copyright oleh PT Antarmitra Sembada, Indonesia